ULASAN TENTANG SHALAT

"MEMPERBAIKI NASIB DENGAN MEMPERBAIKI SHOLAT"

Puji syukur kehadirat Allah Azza wa Jalla yang senantiasa melimpahkan nikmat Iman dan Islam serta Al Qur'an yang Agung kepada kita semua. 

Sholawat dan salam semoga Allah ta'alaa limpahkan kepada Rasulullah sholallahu 'alaihi wassalam, keluarga beliau, para sahabat beliau dan kita semua yang taat dan istiqomah mengikuti ajaran beliau sampai akhir zaman. 'Amma ba'du.

SHOLAT ... SHOLAT ....dan ... SHOLAT !!!!

Alhamdulillah wa syukurillah semoga kita semua dalam keadaan baik saat ini dan seterusnya...

Semoga Allah ta'alaa memberi atsar/bekas yang mendalam bagi diri saya khususnya dan juga seluruh jama'ah majelis yang dimuliakan Allah ini...karena kita akan membahas suatu ibadah yang sangat special ini.

Ibadah Sholat adalah ibadah maghdhoh ( murni ) yang sangat dekat aktivitas kita sehari-hari karena perintah pengulangannya cukup sering yakni 5 Kali dalam sehari.

Namun demikian pada kenyataannya bisa jadi kwalitas pelaksanaan perintah ini diri kita masih sangat RENDAH kwalitasnya. 

Padahal jika kita mengetahui tentang keutamaan2 daripada Sholat, maka tentu kita Tidak akan mengalami suatu ujian yang berkepanjangan. 

Memang setiap manusia sudah pasti akan selalu mendapatkan ujian jika ujian itu berlarut-larut sering orang mengatakan sebagai nasib yang kurang beruntung dalam hidupnya. Padahal jelas Allah subhanahu wa ta'alaa tidak akan merubah suatu kaum ( seseorang ) jika kaum ( seseorang ) itu tidak berusaha untuk merubahnya.

Bisa jadi kita meremehkan karena kebodohan kita , karena kita belum pernah mendalami ilmunya atau juga ditambah dengan sudah terlalu gelapnya warna dan bentuk hati kita karena terlalu banyak noda hitam yang menempel dikarenakan dosa2 kita yang kita lakukan.

Oleh karena itu .., 

Sebelum kita membahas walaupun tidak sampai detail dari topik materi yang saya angkat ini mari kita semua menundukkan kepala dan hati seraya mengucapkan kalimat2 istighfar ....

Astaghfirllahal 'adziim aladziii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyum wa atuubu ilaiiik. (3 x)

Semoga Allah mengampuni dosa2 kita semua dan membersihkan hati kita hingga bisa mengambil manfaat dari kajian ini dengan baik.

Sholat !!!!

Ibadah yang kita kerjakan minimal 5 kali dalam sehari, merupakan ibadah mahdhoh ( murni ) yang merupakan rukun Islam kedua setelah melafdzkan 2 kalimat syahadat.

Sholat !!!!

Sering menjadi ibadah yang sangat penting ketika kita sedang menghadapi hantaman/ujian berat.

Namun lebih sering lagi menjadi ibadah yang paling kita lalaikan dalam kondisi diri sedang lapang apalagi saat situasi tergesa-gesa. Astaghfirllahal 'adziim...

Ikwah Rohimakumullah...

Mari kita perbaiki Sholat kita. 

AYO ! SEGERA ! JANGAN TUNDA-TUNDA !

Mengapa ???

Mari ikuti baik2 pemaparan dibawah ini :

Shalat adalah syari'at Islam yang dibawa dan disampaikan oleh Nabi Besar Muhammad sholallahu 'alaihi wassalam yang perintahnya beliau trima langsung dari Allah subhanahu wa ta'alaa melalui peristiwa Isro' Mi'roj pada tahun ke11 Kanabian beliau sholallahu 'alaihi wassalam. 

Sungguh - Proses penurunan perintah Sholat sangat unik dan menguji kedalaman Iman kita. Dalam sebuah hadist yang sangat panjang diriwayatkan bahwa proses turunya perintah Sholat ini dilakukan dengan adanya perjalanan Fisik Rasulullah sholallahu 'alaihi wassalam dari Makkah ke Masjidil Aqsho ( Isro' ), Dan kemudian diteruskan perjalanan beliau dari Masjidil Aqsho ke Sidhratul Mun'tahaa ( Mi'roj ).

Setelah kita mengetahui bagaimana dahsyatnya proses turunya perintah Sholat ... Maka mari masing-masing diri kita melihat bagaimana kiranya keadaan diri kita dalam melaksanakan perintah Allah yang utama ini ???

Bagaimana kira2 kedudukan ibadah Sholat ini dihati kita ???

Hampir-hampir kita tidak menemukan sebuah perintah didalam Agama kita yang peroses penurunan perintah ha,  ALLAH ta'alaa sendiri yang secara langsung menyampaikannya kepada NabiNya sholallahu 'alaihi wassalam.

Waallahu a'laam.

Namun masih banyak diantara kita yang meremehkannya bahkan melalaikannya. 

Padahal  jika kita memperbaiki Sholat kita maka sungguh tak mustahil segala urusan kita akan dipermudah oleh Allah subhanahu wa ta'alaa...

Bagaimana kira2 kaitannya antara Usaha Memperbaiki Sholat bisa memperbaiki keadaan kehidupan kita. 

Tidak hanya MEMPERBAIKI  

Tetapi menjamin akan turunya pertolongan Allah kepada kita... 

Hhhhmmm mau tahu ayat nya ???

Bunda wa akhwatfillah silahkan membuka Qur'annya dan baca didalam QS. Al Baqoroh : 45 

"Dan mintalah pertolongan ( kepada Allah ) dengan Sabar dan Sholat. 

Dan ( Shalat ) itu sungguh berat, kecuali bagi orang2 yang khusyuk."

Jadi siapa yang menjanjika pertolongan itu ? Allah subhanahu wa ta'ala.

Dalam ayat itu ada 2 arahan Allah bagi pendamba turunya pertolongan Allah maka ada 2 tuntunan yang diajarkan oleh Allah yakni Shabar Dan Shalat. 

...

Setelah kita mengenal bagaimana proses turunya perintah Shalat mari kita menang ok apa saja yang menjadi keistimewaannya lain selain Perintah ini disampaikan langsung oleh ALLAH subhanahu wa ta'alaa.

S H O L A T  merupakan amal Perbuatan manusia yang Pertama Kali akan diHisab pada hari Kiamat kelak. 

Perhatikan Hadist berikut :

"Pada Hari Kiamat, pertama Kali yang akan Allah hisab atas amalan seseorang hamba adalah SHALATnya. Jika SHALATnya baik, maka dia akan beruntung Dan selamat. Jika SHALATnya rusk, maka Dia akan rugi dan tidak beruntung. Jika amalan fardu ( wajib nya ) ada yang kurang, ( maka ) Robb Azza Wa Jalla ( akan ) berfirman, 'Periksalah , apakah hambaKu ( itu ) mempunyai ibadah Sunnah yang dapat menyempurnakan ibadah wajib nya yang kurang ?' Lalu, setiap amal akan diperlakukan seperti itu." 

(HR. Ahmad , Abu Dawud, Thirmidzi, Ibnu Majjah Dan An Nasa'i ).

S H O L A T merupakan salah 1 amal ibadah yang paling diCintai oleh Allah subhanahu wa ta'alaa. 

Hal ini dapat kita lihat dari Hadist dari Abdullah Ibnu Mas'ud r.a, ia berkata :

"Aku bertanya kepada Nabi Sholallahu 'alaihi wassalam, 'Amal (perbuatan) apakah yang paling disclaimer ( diCintai ) oleh Allah ?' Beliau menjawab, 'Sholat ( tepat ) pada waktu nya'. Lalu aku bertanya, 'Kemudian apa lagi ?' Beliau menjawab, 'Berbakti kepada kedua orang tua.' Lalu aku bertanya, 'Kemudian apa lagi ?' Beliau menjawab, 'Jihad Fii Sabilillaah." ( HR. Bukhari ).

S H O L A T merupakan amal  ibadah yang menghapuskan kesalahan Dan keburukan dari diri seseorang.

Dari Abu Hurairah r.a bahwa Dia mendengar Rasulullah sholallahu alaihi wassalam bersabda :

"Tahu kah kamu, seandainya sebuah sungai ada di depan pintu salah seorang dari kalian, dia setiap hari mandi dari sungai itu sebanyak Lima Kali apakah masih ada kotoran yang melekat padanya?' Mereka pun menjawab, 'Tidak akan tersisa sedikitpun dari kotorannya.' Beliau bersabda, 'Begitulah perumpamaan Shalat Lima waktu yang dengan nya Allah menghapus dosa-dosa." 

( HR. Bukhari dan  Muslim ).

"Sesungguhnya, seorang hamba apabila dia berdiri Sholat, ditetapkan semua dosa-dosanya diatas kepala Dan kedua barunya, setiap kali dia Ruku' atau sujud, dosa-dosanya berjatuhan." 

(HR. Thabrani & Baihaqi ).

S H O L A T adalah sarana bagi manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menjalin Hubungan yang sangat akrab denganNya.setelah hatinya berikrar dengan lisan dan  hatinya bahwa 'tiada tuhan selain Allah Dan bahwa saya Muhamad sholallahu alaihi wassalam adalah utusan Allah.' Yaitu dengan mengucap dua kalimat syahadat sebagai bukti keimananya dan pengakuan atas pekelemahannya serta kepatuhannya terhadap perintah Allah subhanahu wa ta'alaa  Yang Maha Agung.

S H O L A T perumpamaannya adalah bagai kepala dari seluruh anggota badan lainya. Rasulullah sholallahu 'alaihi wassalam bersabda :

"Sesungguhnya kedudukan Shalat didalam Agama adalah sebagaimana kepala dengan jasad." (HR. Ath Thabrani)

S H O L A T  adalah Pembeda seorang Muslim dan Musyrik.

Sholat merupakan ibadah yang menjadi Pembeda antara seorang yang Muslim dengan Musyrik, karena ibadah Sholat ini merupakan ibadah yang tidak diamalkan oleh seorang Musyrik ataupi Kafirin. Sebagaimana hadist Rasulullah sholallahu 'alaihi wassalam :

" Batas antara seorang Muslim dengan kemusyrikan Dan kekufurannya dan meninggalkannya Shalat." ( HR. Muslim ).

S H O L A T adalah salah 1 bentuk dzikir ( mengingat ) Allah Subhanahu wa ta'alaa. Karena dalam aktivitas Sholat adalah terjadi komunikasi antara seorang hamba dengan Allah sebagai Tuhan yang telah menciptakannya. Sebagaimana Allah sendiri berfirman dalam QS. Thaha : 14 ) :

"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada tuhan ( yang hak untuk disembah ) selain Aku, maka sembahlah Aku Dan dirikanlah Sholat untuk mengingatKu." 

S H O L A T sumber ketenagan hati. 

Allah subhanahu wa ta'alaa berfirman dalam QS. Al Mu'minus : 1-2.

"Sungguh berbahagialah orang2 Mukmin yang khusyu' didalam Sholatnya." 

Kebahagiaan yang dimaksud disini adalah kesenangan jiwadan ketentraman bathin. Setiap orang yang khusyu' dalam Sholatnya maka dia merasa selalu lindungan Allah subhanahu wa ta'alaa sehingga in merasa aman Dan jaunt dari rasa takut akan hal duniawi.

S H O L A T merupakan Kunci untuk memasuki Syurga.

Firman Allah ta'alaa dalam QS. Al Mukminun : 9 - 11 

"Dan orang-orang yang memelihara SHALATnya, mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi (yakni) yang akan mewarisi Syurga Firdaus, mereka Kekal didalamnya."

Bunda yang dirahmati Allah...

Setelah kita memahami betapa pentingnya Shalat, lantas kira2 apa saja ya yang menyebabkan seseorang melalaikannya Sholatnya ?

Pada kesempatan kajian ini saya ingin mengupas tentang perubahan/ perbaikan hidup bagi seseorang bisa di mulai dari usaha menperbaiki Sholatnya.

Dengan mengambil fokus bahasan yang terangkai dalam sebuah judul :

"MEMPERBAIKI HIDUP DENGAN MEMPERBAIKI SHOLAT"

Diatas telah sedikit saya paparkan tentang keutamaan Sholat. 

Selanjutnya saya ingin mengajak jama'ah Majelis yang mulia ini untuk mengupas benang2 rajutan yang saling mengikat dalam sebuah rangka pikir bagaimana bisa dikatakan bahwa dengan MEMPERBAIKI SHOLAT   maka  kita bisa berharap meraih  PERBAIKAN kondisi dalam nasib KEHIDUPAN kita.

Ikwah rohimakumullah ...

Sebelumnya telah kita bahas   tentang kedudukan ibadah Sholat yang kita kerjakan disisi Allah ta'alaa maka kita bisa mengukur bagaimana jika selama ini kita hanya mengerjakan Sholat sebagai pemenuhan Kwajiban Syari'at Islam saja. Tanpa pernah nemiliki niat dan kemauan keras untuk meningkatkan kwalitasnya. 

Tentu hal diatas jika berlanjut terus menerus tanpa ada "reformasi" diri maka sulit kita akan bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan Allah Subhanahu wa ta'alaa. 

Jika hubungan seperti ini kita  biarkan tentu kita sendiri yang akan merugi. Karena tidak berpeluang menjadi hamba yang mendapat perhatian Allah ta'alaa. 

Sebaliknya jika hubungan ruhiyah kita terjalin baik dan dekat dengan Allah, maka tentu kasih sayang Allah akan tercurah kepada kita. Apa yang kita mohonkan insyaAllah akan menjadi perhatianNya. 

Langkah yang paling tepat dalam menjalin hubungan yang dekat dengan Allah adalah dengan melaksanakan ibadah Sholat dengan khusyuk dan sesuai dengan Syariat yang benar. 

Banyak orang yang merasa sudah rajin dalam melaksanakan Sholat tetapi masih dihimpit kesulitan dan jauh dari kemuliaan hidup. 

Apa kira2 yang terjadi dengan hal ini ? 

Bisa jadi dia perlu melakukan introspeksi yang terkait dengan pelaksanaan ibadah Sholatnya. Sejak dari Niatnya, Kekhusyu'annya nya juga pelaksanaan syarat syah dan rukun2nya , apakah semua itu sudah sesuai dengan tuntunan Syariat yang benar. 

Termasuk juga Wudhu' nya - wudhu ini jangan kita remehkan ya . Karena wudhu adalah sangat menentukan kesempurnaan Sholat itu sendiri. 

Jika semua hal yang terkait dengan tuntunan Syari'at Sholat sudah terpenuhi maka insyaAllah kita layak berharap Allah akan memperbaiki semua urusan hidup kita . 

Silahkan mencoba dan menemukan serta merasakan keutamaan/manfaat dari upaya memperbaik kwalitas Sholat yang dilaksanakan. 

Diantaranya hati akan menemukan ketentraman , doa2 terkabulkan dan hidayah hidup semakin teraksakan. 

Ini semua adalah anugrah yang sangat besar , siapa pun hamba itu jika dia ingin mendapatkan kedudukan yang mulia disisi Allah bisa memulai dengan memperbaiki kwalitas Sholatnya. 

Waallahu a'laam...

Semoga Allah membuka pintu keberkahan dari Majelis ini dan nemudahkan kita untuk mengamalkan ilmu yang ada didalamnya. Hingga kita benar2 mendapatkan anugrah perbaikan kondisi kehidupan kita dari segala aspeknya. 

Aamiin yaa Robb. 

Billahi taufiq wal hidayah 

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wa barokaatuh. 

Comments

Popular posts from this blog

Anfiq unfiq alaik(a)

APAKAH MUNTAH BISA MEMBATALKAN PUASA

ENGKAU DAN HARTAMU ADALAH MILIK AYAHMU